Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7+ Penyebab Mesin Cuci Nyetrum dan Cara Mengatasinya, Lengkap!

Pastinya Anda pernah mengalami mesin cuci tiba-tiba nyetrum ketika disentuh, terutama pada bagian body-nya. Mengapa bisa demikian? Nah, pada artikel ini kami akan membahas mengenai penyebab mesin cuci nyetrum dan cara mengatasinya.

Ada banyak penyebab mengapa mesin cuci nyetrum, salah satunya ialah pemakaian mesin cuci sudah cukup lama. Bukan hanya itu, melainkan masih ada beberapa penyebab mengapa mesin cuci bisa menyetrum. 

Disini kami sudah menuliskan beberapa penyebab yang memungkinkan menyebabkan mesin cuci nyetrum serta dengan cara mengatasinya. Lebih lengkapnya, Anda bisa membacanya secara cermat dan lakukan sesuai langkah agar tidak mengalami kesalahan dalam mengatasi mesin cuci yang nyetrum.


7+ Penyebab Mesin Cuci Nyetrum dan Cara Mengatasinya, Lengkap!

Penyebab Mesin Cuci Nyetrum dan Cara Mengatasinya

Dengan mengetahui apa akar permasalahan atau penyebab mesin cuci bisa nyetrum, maka Anda akan lebih mudah dalam mengatasinya. Begitupun dengan sebaliknya, apabila belum mengetahui apa yang menyebabkan mesin cuci Anda yang tiba-tiba menyetrum, secara otomatis akan terasa sulit untuk memperbaikinya.

Selain itu, Anda bisa lebih berhati-hati lagi agar tidak melakukan hal yang sama jika sudah mengetahui apa penyebab mesin cuci nyetrum. Kami akan memberikan penjelasannya secara mendetail mengenai penyebab dan cara mengatasi mesin cuci bisa menyetrum.

1. Kabel Ground Tidak Terhubung

Di dalam sistem peralatan elektronik, pastinya akan ada kabel yang mana akan terhubung ke ground. Jika kabel ground ini mengalami kesalahan dan tidak terhubung dengan benar, maka sistem arus listriknya akan tidak sesuai dengan rangkaiannya. 

Dengan begitu, akibatnya mesin cuci akan menyetrum jika Anda sentuh. Lantas, dimanakah menemukan kabel ground pada mesin cuci? cukup mudah kok. Biasanya kabel ground diberi warna kuning ataupun hijau.

Pastikan, kabel ground tersebut sudah tersambung sebab apabila tidak terhubung maka akan menyebabkan electric shock atau menyetrum. Pembahasan mengenai kabel ground ini berkaitan dengan science dan elektronika, lebih tepatnya eddy current.

Akan tetapi, kami tidak akan membahas mengenai perihal eddy current karena nantinya akan membuat Anda semakin bingung. Intinya, Anda harus memastikan kabel ground sudah terpasang pada mesin cuci.

2. Kabel Mesin Cuci Terkelupas

Terkelupasnya kabel pada bagian mesin cuci memang bisa menyebabkan nyetrum. Maka dari itu, Anda harus mencari memastikan mana apakah ada kabel yang terkelupas. Umumnya, kabel bisa terkelupas disebabkan karena pemakaian yang cukup lama atau tergigit oleh tikus.

Banyak sekali pengguna mesin cuci yang sering kabelnya dimakan oleh tikus, sehingga arus listriknya pun tidak lancar. Apalagi, kabel tersebut merupakan komponen yang penting dalam mesin cuci.

Misalnya, kabel yang terkelupas tadi menempel di bagian body mesin cuci, secara otomatis mesin cuci akan menyetrum apabila Anda sentuh. Akan tetapi, jika Anda sudah mengeceknya dan tidak ada kabel yang terkelupas, maka cobalah untuk mengecek penyebab lain yang terdapat di bawah ini.

3. Arus Dari Body Motor yang Belum Diberi Kabel Ground

Ketika Anda mengambil pakaian dari mesin cuci, mungkin pernah merasa kesetrum dengan daya sedikit maupun besar. Dan tentunya itu cukup berbahaya, biasanya mesin cuci bisa menyetrum disebabkan oleh body motor yang ada arusnya yang diakibatkan karena gulungan atau lilitan yang agak induksi.

Maka, Anda perlu menambahkan kabel ground di body motor yang mana nantinya akan di tancapkan di tanah pembumian. Caranya cukup mudah, hanya sambungkan kabel ground-nya dan tanam di dalam tanah. Dengan begitu, body motor tidak akan ada arusnya lagi, Anda bisa mengeceknya dengan tespen.

4. Usia Mesin Cuci Sudah Tua

Penyebab mesin cuci bisa menyetrum disebabkan karena usia dari mesin cuci sudah cukup tua. Alat elektronik bukanlah sesuatu yang bisa bertahan lama apalagi apabila sering digunakan. Contohnya, mesin cuci yang sudah berumur 3 tahun ke atas, tentunya akan mengalami penurunan kualitas kinerja komponennya. Bukan tidak mungkin jika komponen mesin cuci bisa menyebabkan menyetrum karena sudah terlalu sering bekerja.

5. Motor Dinamo Rusak

Motor dinamo termasuk salah satu komponen yang paling penting dalam mesin cuci. Sebab, motor dinamo berperan menggerakan dari proses pencucian di dalam mesin cuci. Apabila motor dinamo mengalami kerusakan seperti terbakar, maka akan menyebabkan mesin cuci bisa menyetrum.

Sebaiknya, Anda periksa terlebih dahulu kondisi dari motor dinamo mesin cuci. Listrik yang bocor dari dinamo ataupun dinamo yang terbakar akan membuat mesin cuci menyetrum. Umumnya, kerusakan dinamo memang disebabkan usianya yang sudah cukup lama.

6. Kondisi Mesin Cuci Dalam Keadaan Lembab

Kondisi mesin cuci yang lembab memungkinkan mesin cuci menyetrum. Biasanya, sering kali mesin cuci diletakkan di kamar mandi, sehingga kondisi lembab inilah yang menyebabkan bisa menyetrum. Apalagi, ketika Anda menyentuhnya dengan tangan dalam keadaan basah.

Maka, kami memberikan cara untuk mengatasinya, yaitu memasang kabel ground pada kaki-kaki mesin cuci. Tujuannya agar listrik yang ada di body mesin cuci mengalir ke tanah, sehingga mesin cuci tidak menyetrum lagi.

Mengenai penempatan mesin cuci, kami sudah pernah menuliskannya dan Anda bisa membaca serta menerapkannya. 

7. Colokan Stop Kontak Rusak

Kerusakan pada stop kontak yang mengalirkan listrik ke mesin cuci, tentunya dapat pula menyebabkan mesin cuci menyetrum. Anda bisa memeriksanya terlebih dahulu kondisi dari stop kontak, apabila memang rusak maka cara untuk mengatasinya adalah menancapkan ke stop kontak lain.

8. Body Mesin Cuci Disambungkan Dengan Kabel Ground

Terakhir, apabila semua penyebab dan cara mengatasinya tidak bisa memperbaiki mesin cuci Anda yang nyetrum, maka kami menyarankan untuk mengikuti cara terakhir ini. Dengan mencari body mesin cuci yang terbuat dengan logam, lalu sambungkan dengan kabel ground.

Kemudian, kabel ground tersebut ditancapkan ke dalam tanah. Maka, body mesin cuci yang telah disambungkan dengan kabel ground akan tidak menghasilkan arus listrik lagi. Jadi intinya, ketika ada suatu aliran listrik entah dari manapun, dan apabila disambungkan ke dalam tanah menggunakan kabel ground, maka listrik tersebut akan hilang.

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan penyebab mesin cuci nyetrum dan cara mengatasinya secara lengkap. Dalam pembuatan artikel ini, kami mengutip informasinya mengenai mesin cuci yang menyetrum dari berbagai sumber yang terpercaya, sehingga dapat menghindari adanya kesalahan.

Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar penyebab mesin cuci yang menyetrum, silakan tanyakan melalui contact us atau langsung menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.

Dengan berjalannya waktu, artikel ini akan kami perbarui terus menerus agar informasi yang terdapat di dalamnya selalu terbaru dan terpecaya. Semoga dapat membantu Anda yang sedang membutuhkan informasi ini.

Posting Komentar untuk "7+ Penyebab Mesin Cuci Nyetrum dan Cara Mengatasinya, Lengkap!"