Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Arti dan Cara Mengatasi Kode OE Pada Mesin Cuci LG, Lengkap!

Apabila menemukan kode error OE pada mesin cuci LG, maka segera mungkin Anda harus memperbaikinya agar proses pencucian bisa kembali berjalan normal. Tiap kode error memiliki arti bahwa mesin cuci LG Anda sedang mengalami kerusakan.

Perkembangan mesin cuci cukuplah pesat, hal ini dapat diketahui bahwa mesin cuci sudah bisa mendeteksi kerusakan yang terjadi dengan menampilkan kode error. Misalnya, kode error OE mesin cuci LG yang mungkin sedang Anda alami.

Maka dari itu, artikel ini akan membahas mengenai arti, penyebab, dan cara mengatasi kode error OE pada mesin cuci LG. Sehingga, Anda tidak perlu membawanya ke tempat service yang mana tentunya akan memerlukan uang cukup banyak.

Sebenarnya, cara mengatasi kode error OE pada mesin cuci LG cukuplah mudah. Anda hanya perlu mengetahui arti dari kode error OE dan apa yang menyebabkan kode error tersebut bisa muncul. 

Dengan begitu, akan lebih mudah jika Anda sudah mengetahui maksud kode error tersebut serta penyebabnya. Oleh karena itu, kami akan membahas mengenai arti kode error OE pada mesin cuci LG terlebih dahulu.

Arti dan Cara Mengatasi Kode OE Pada Mesin Cuci LG

Arti Kode Error OE Pada Mesin Cuci LG

Arti kode error OE pada mesin cuci LG, yaitu terjadi kerusakan pada saluran pembuangan air atau drain. Dengan begitu, pembuangan air dari mesin cuci tidak lancar, sehingga munculah kode error OE pada tampilan display.

Karena mesin cuci tidak bisa membuang atau mengeluarkan air, maka dapat diindikasikan adanya gangguan pada saluran pembuangannya. 

Jika Anda sudah mengetahui arti dari kode error OE pada mesin cuci LG, selanjutnya apa yang menyebabkan kode error OE ini muncul? Nah, penjelasan lebih lengkapnya sudah kami tuliskan di bawah ini.

Penyebab Kode Error OE Pada Mesin Cuci LG

Terdapat beberapa penyebab kode error OE pada mesin cuci LG. Mungkin ada diantara penyebab di bawah ini yang membuat munculnya kode error OE pada mesin cuci LG Anda.
  • Selang pembuangan air tertekuk
  • Selang pembuangan air terjepit
  • Filter pembuangan air tersumbat
  • Membekunya selang pembuangan
  • Selang pembuangan terlalu tinggi

Cara Mengatasi Kode OE Pada Mesin Cuci LG

Setelah mengetahui penyebab munculnya kode OE pada mesin cuci LG, maka Anda akan terasa lebih mudah dalam memperbaikinya. Beberapa penyebab di atas, akan kami jelaskan satu per satu cara mengatasinya.

Cobalah Anda periksa terlebih dahulu di antara penyebab di atas mana yang membuat mesin cuci LG menampilkan kode error OE. Misalkan, disebabkan karena selang pembuangan air tertekuk maka Anda bisa mengatasinya dengan mengikuti panduan yang kami tuliskan mengenai cara mengatasi selang pembuangan air tertekuk.

Inilah penjelasan lengkap cara mengatasi kode error OE pada mesin cuci LG menurut penyebab yang tertulis di atas.

Selang Pembuangan Air Tertekuk

Penyebab pertama, yaitu selang pembuangan air tertekuk. Hal semacam ini sering kali menjadi akar permasalahan mengapa kode error OE bisa tiba-tiba muncul. 

Dengan tertekuknya selang pembuangan air pada mesin cuci LG Anda, maka akan berakibat air tidak bisa keluar. Biasanya, ketika mesin cuci melakukan proses pencucian sering kali mengalami getaran yang cukup kuat terutama pada pengeringan.

Maka dari itu, menyebabkan selang pembuangannya bisa mengalami tertekuk. Cara untuk mengatasinya, yaitu Anda hanya perlu meluruskan selang pembuangan air menjadi lurus. 

Selang Pembuangan Air Terjepit

Bukan hanya tertekuk, tetapi apabila selang pembuangan air terjepit maka dapat pula menyebabkan sistem pembuangan airnya tidak lancar. Inilah penyebabnya mengapa mesin cuci :LG langsung memunculkan kode error OE.

Apalagi, jika Anda menempatkan mesin cucinya berdekatan dengan dinding. Maka, tentunya selang pembuangan akan berdempetan dengan dinding dan secara otomatis akan terjepit.

Untuk mengatasinya bisa Anda lakukan dengan menggeser mesin cuci agar selang pembuangan tidak lagi mengalami terjepit.

Filter Pembuangan Air Tersumbat

Cara Mengatasi Kode OE Pada Mesin Cuci LG

Tiap mesin cuci memiliki filter air pembuangan yang berfungsi untuk menyaring kotoran. Apabila filter pembuangan air pada mesin cuci LG Anda tersumbat, akibatnya mesin cuci tidak bisa mengeluarkan airnya.

Tersumbatnya filter pembuangan air ini termasuk perihal yang kerap dialami oleh pengguna mesin cuci. Karena pada bagian filter pembuangan air tersebut, pengguna mesin cuci jarang sekali untuk membersihkannya.

Silakan Anda cek filter pembuangan mesin cuci LG apakah memang dalam keadaan tersumbat atau tidak. Cara untuk mengetahuinya, Anda perlu untuk membongkar bagian filter pembuangan. Tidak susah kok, asalkan mengikuti panduan berikut.
  • Buka kotak kecil yang terletak di bagian depan mesin cuci
  • Karena di dalamnya terdapat filter pembuangan air
  • Siapkan wadah agar nantinya ketika menarik filter tidak membasahi lantai
  • Keluarkan selang pembuangan serta cabut penutupnya
  • Alirkan air dari selang keluar
  • Lalu, ambil filter pembuangannya dengan memutar ke arah kiri atau berlawanan jarum jam
  • Bersihkan filter dengan menggunakan alat sikat
  • Jika sudah bersih, masukkan kembali
  • Dengan begitu, Anda sudah berhasil mengatasi filter pembuangan yang tersumbat

Membekunya Selang Pembuangan

Jika selang pembuangan membeku, ternyata mesin cuci LG tidak akan bisa mengeluarkan air. Oleh karena itu, Anda perlu mencairkannya terlebih dahulu. Bagaimana caranya? cukup mudah, tuangkan air panas kisaran 50 derajat celcius.

Tunggu hingga selang pembuangan sudah tidak membeku, yaitu selama 1 hingga 2 jam. Silakan Anda buka kotak kecil yang terletak di bagian depan mesin cuci untuk mengeluarkan air yang dituangkan tadi.

Selang Pembuangan Terlalu Tinggi

Hindari posisi selang pembuangan yang terlalu tinggi, sebab dapat mengakibatkan air dalam mesin cuci tidak bisa keluar. Dengan demikian, akan menampilkan kode error OE pada mesin cuci LG yang tertampil di display.

Menurut dari sumber yang kami dapatkan, pastikan tinggi dari selang pembuangan tidak melebihi 50 cm. Informasi ini diperoleh dari sumber resmi pihak LG yang menyarankan untuk tidak terlalu tinggi dalam memasang selang pembuangan.

Akhir Kata

Itulah tadi arti dan cara mengatasi kode OE pada mesin cuci LG. Serta, beberapa penyebab yang mengakibatkan munculnya kode error OE. Dengan adanya artikel ini, Anda seharusnya sudah bisa memperbaikinya tanpa harus membawa ke pihak service.

Artikel ini kami buat dengan mengambil beberapa referensi yang cukup terpercaya. Bahkan dari sumber resmi, yaitu pihak LG. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kesalahan dalam mengatasi kode error OE yang tiba-tiba muncul.

Dengan berjalannya waktu, apabila artikel ini perlu diperbarui. Maka, kami akan segera mungkin untuk memperbaruinya. Terima kasih telah membaca, semoga dapat membantu kalian yang membutuhkan informasi ini.

Posting Komentar untuk "Arti dan Cara Mengatasi Kode OE Pada Mesin Cuci LG, Lengkap!"