Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatasi Kode Error 4C Pada Mesin Cuci Samsung

Apakah pernah Anda menemui error 4C pada mesin cuci samsung? Sehingga, tidak bisa digunakan untuk mencuci secara biasanya. Hal ini tentunya mengganggu Anda yang ingin mencuci pakaian kotor dengan mesin cuci. Sedangkan, apabila mencuci manual akan menguras banyak tenaga.

Kerusakan kode error 4C pada mesin cuci samsung bisa diatas dengan menerapkan cara yang kami bagikan ini. Akan tetapi, tidak semua pengguna mengalami penyebab yang sama, maka pastikan Anda untuk mencoba caranya satu per satu untuk memperbaiki kode error 4C.

Banyak pengguna yang kebingungan cara mengatasi kode error 4C pada mesin cuci samsung. Padahal, cara untuk memperbaiki 4C msin cuci samsung cukup mudah. Anda tidak perlu terburu-buru untuk memanggil jasa service atau membawanya ke tempat service.

Lebih jelasnya, Anda bisa mencoba cara atau solusi yang telah kami paparka. Namun, alangkah baiknya pastikan Anda mengerti terlebih dahulu apa itu arti kode 4C pada mesin cuci samsung sebelum melakukan perbaikan.

Cara Mengatasi Kode Error 4C Pada Mesin Cuci Samsung

Apa Arti Kode 4C di Mesin Cuci Samsung


Kode error 4C di mesin cuci samsung menandakan bahwa supply air tidak ada. Jadi, pasokan air ke mesin cuci tidak tersedia, maka mesin cuci samsung secara otomatis menampilkan kode error 4C di panel display.

Tidak sedikit pengguna yang mengalami kode kesalahan 4C di mesin cuci samsung. Apabila kode error 4C ditampilkan di panel display. Artinya, Anda tidak bisa mendengar suara air yang mengalir atau melihatnya melalui kaca pada mesin cuci.

Penyebab paling umum untuk kesalahan ini adalah selang pasokan air yang tersumbat atau tertekuk. Coba lakukan langkah pemecahan masalah di bawah ini untuk mengatasi kode 4C di mesin cuci samsung.

Cara Mengatasi Kode Error 4C Pada Mesin Cuci Samsung


Salah satu error yang sering ditemui pengguna pada mesin cuci samsung adalah kode 4C atau tidak adanya pasokan air. Perlu diketahui pula bahwa kode error 4C ini dapat terjadi pada saat awal proses pencucian maupun saat membilas. Akibatnya, air sabun benar-benar terkuras dan tidak ada aliran air.

Lantas, bagaimana cara untuk mengatasi kode eror 4C pada mesin cuci samsung? Kami sudah merangkumnya secara lengkap dan mendetail.

1. Memeriksa Keran Air

Pertama, pastikan memeriksa terlebih dahulu apakah keran air sudah dihidupkan secara benar atau tidak. Apabila salah satu keran atau malahan kedua keran tidak dihidupkan secara benar. Maka, besar kemungkinan ini yang menyebabkan kode error 4C muncul di panel diplay. 

Anda dapat memastikan apakah keran air merupakan penyabab atau tidak, caranya periksa keran air sudah terbuka penuh atau belum. Jika belum terbuka secara penuh, bukalah agar pasokan air bisa mengalir dengan baik.

2. Selang Pasokan Air ke Mesin Cuci Terjepit

Termasuk penyebab umum mengapa sering kali terjadi error 4C, yaitu kondisi selang pasokan air terjepit. Maka dari itu, periksa terlebih dahulu apakah selang Anda mengalami terjepit atau tertekuk. Jika iya, segera perbaiki posisi selang agar tidak terjepit lagi. Dengan begitu, permasalahan kode error 4C akan teratasi dengan mudah.

3. Bersihkan Filter di Katup Saluran Masuk Air

Filter di katup saluran masuk air mungkin memiliki kotoran atau benda asing yang tersangkut di dalamnya. Dengan demikian, pasokan air pun tidak bisa tersalurkan dari keran ke mesin cuci dengan maksimal. Akibatnya, mesin cuci akan menampilkan kode error 4C karena air tidak ada atau masukan air kurang baik.

4. Tekanan Air Lemah

Tekanan pada pasokan air bisa menjadi penyebab munculnya error 4C pada mesin cuci samsung. Artinya, laju aliran air yang masuk ke mesin cuci tidak mengalir dengan kuat. Sehingga, kode 4C pun akan ditampilkan di panel display. Menurut referensi dari pihak samsung, tekanan yang disarankan antara 0,5 bar dan 8 bar. Pastikan Anda mengikuti intruksi dari pihak samsung. 

5. Selang Air Tersumbat

Tersumbatnya selang air yang masuk ke mesin cuci akan menyebabkan error 4C pada mesin cuci samsung. Makanya, pastikan Anda memeriksa kondisi selang air apakah tersumbat atau tidak. Dari beberapa cara mengatasi kode error 4C pada mesin cuci samsung di atas, Anda bisa mencobanya satu per satu.

Akhir Kata

Itulah cara mengatasi kode error 4C pada mesin cuci samsung. Dengan adanya artikel ini, Anda bisa memperbaiki sendiri apabila muncul kode 4C di mesin cuci samsung. Artinya, Anda tidak perlu memanggil jasa service mesin cuci samsung untuk membantu mengatasinya.

Dalam pembuatan artikel ini, kami mengambil dari berbagai referensi yang cukup terpercaya agar tidak  salah memberikan panduan cara mengatasi kode error 4C pada mesin cuci samsung.

Jika Anda mengalami kegagalan dalam mencoba cara yang kami sampaikan, silakan tuliskan di kolom komentar atau langsung menghubungi kami melalui fitur contact us yang sudah tersedia.

Dengan berjalannya waktu, apabila artikel ini memerlukan untuk diupdate. Maka, kami akan segera mungkin untuk memperbaruinya. Terima kasih telah membaca, semoga dapat membantu kalian yang membutuhkan informasi ini.

5 komentar untuk "Cara Mengatasi Kode Error 4C Pada Mesin Cuci Samsung"

  1. Apakah harus ganti PCB nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak om, ikutin aja cara yang kami bagikan di atas.

      Hapus
  2. Sdh sy cek aliran air deras, tdk ada penyumbatan, tetapi tetap muncul 4c

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari beberapa buku panduan mesin cuci samsung yang saya pelajari, masalah kode error 4C kaitannya dengan suplai air, tetapi pada kasus mesin cuci samsung Bapak, saya belum pernah mengalami. Mungkin ada masalah dengan water inlet. Karena saya belum mengalami, maka saya belum berani memberikan panduannya. Lebih amannya, Bapak hubungi saja service center mesin cuci samsung terdekat. Mohon maaf kalau belum bisa membantu

      Hapus
  3. Air dari keran ok, sdh pakai mesin pendorong, sdh bersihkan filter seperti saringan teh, tetap kode error 4C. Gak biasanya begini

    BalasHapus