Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5+ Penyebab dan Cara Memperbaiki Mesin Cuci Samsung Error 1E

Tidak dapat dihindari bahwa mesin cuci samsung bisa mengalami kerusakan atau error. Pernahkah mesin cuci samsung Anda menampilkan error 1E di panel display? Apa arti dari kode error tersebut dan bagaimana cara memperbaikinya?

Mungkin Anda sedang mencari informasi penyebab dan cara memperbaiki mesin cuci samsung error 1E. Jikalau begitu, maka tepat sekali untuk mengunjungi artikel ini. Kami akan membahas mengenai penyebab serta cara mengatasi kode error 1E pada mesin cuci samsung.

Sebenarnya, cara memperbaiki mesin cuci samsung error 1E cukup mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu mengecek apa penyebab dari error 1E di mesin cuci samsung. Dengan mengetahui penyebabnya, maka akan terasa mudah dalam memperbaiki mesin cuci samsung yang error 1E.

Kupaselektronik sudah merangkum beberapa hal yang bisa menyebabkan error 1E pada mesin cuci samsung. Lebih lengkapnya, berikut penyebab dan cara memperbaiki mesin cuci samsung error 1E dengan mudah. Namun, sebelumnya Anda harus mengerti terlebih dahulu apa arti dari error 1E di mesin cuci samsung.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Mesin Cuci Samsung Error 1E

Arti Kode Error 1E Pada Mesin Cuci Samsung

Kode error 1E yang ditampilkan pada panel display mesin cuci samsung Anda merupakan peringatan bahwa adanya kerusakan atau kendala khususnya pada bagian water level. Kerusakan pada water level akan ditampilkan dengan kode error 1E.

Water level atau sensor air merupakan komponen yang mengatur ketinggian air di dalam tabung mesin cuci. Apabila air yang dibutuhkan sudah cukup, maka sensor air atau water level akan mengirimkan sinyal ke komponen lain.

Dengan error-nya water level, mesin cuci samsung tidak akan bisa melakukan pencucican secara normal. Maka dari itu, Anda perlu memperbaikinya agar bisa digunakan untuk mencuci kembali.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Mesin Cuci Samsung Error 1E

Dari beberapa referensi yang didapatkan, terdapat lebih dari 5 penyebab yang membuat mesin cuci samsung mengalami error 1E. Penjelasan berikut ini akan kami berikan sekaligus cara memperbaiki kode error 1E pada mesin cuci samsung.

1. Kabel Water Level Rusak

Memperbaiki Kode Error 1E Pada Mesin Cuci Samsung

Biasanya kerusakan kabel yang tersambung dengan water level disebabkan gigitan tikus, sehingga menyebabkan terputusnya kabel atau terkelupas. Dengan demikian, kabel tersebut tidak dialiri listrik secara maksimal. 

Akibatnya, water level tidak bisa mendapatkan asupan dari listrik tersebut, sehingga tidak bisa mendeteksi supplai air. 

Maka dari itu, pada panel display akan menampilkan kode error 1E. Cara memperbaikinya cukup mudah, Anda hanya perlu menyambungkan lagi kabel yang terputus dengan menggunakan solasi hitam.


2. Socket Pada Kabel Water Level Rusak

Cara Mengatasi Mesin Cuci Samsung Error 1E

Anda dapat mengetahuinya dengan membuka pintu belakang drum mesin cuci samsung terlebih dahulu. Maka, akan terdapat kabel sensor air atau water level. Dalam menghubungkan kabel ke water level perlu adanya socket.

Apabila socket tersebut dalam keadaan berkarat, secara otomatis socket tersebut tidak tersambung dengan sensor air. Bersihkan socket dengan meneteskan minyak putih di setiap pinnya. Lalu, gosok pin tersebut agar karatan yang terdapat di socket bisa hilang.

Perlu diperhatikan pula, menyambungkan kembali socket ke water level harus tidak terbalik. Sebaiknya, Anda mengambil gambar terlebih dahulu agar tidak terbalik apabila disambungkan lagi.

3. Water Level Berkarat

Penyebab dan Cara Memperbaiki Mesin Cuci Samsung Error 1E

Tepatnya ketika Anda membuka cover pintu belakang mesin cuci, maka akan menemui water level sensor. Ketika water level atau sensor air berkarat tepatnya pada tiga bagian yang tersambung ke socket, bersihkan dengan mengeriknya.

Sebab, tiga besi yang terdapat di water sensor merupakan berhubungan dengan socket. Buka socket terlebih dahulu, maka Anda akan menemukan tiga besi tersebut. Kerik dengan jarum pentul ataupun peniti untuk menghilangkan karatnya. 

4. Selang Deteksi Water Level Terjepit

Terjepitnya selang pendeteksi water level menyebabkan tidak bisa mendeteksi supplai air. Melihat apakah selang dalam keadaan terjepit atau tidak, dapat dilakukan dengan membuka cover belakang mesin cuci maka dapat diketahui selang tersebut terjepit atau tidak.

Perlu diketahui bahwa selang water level ini berfungsi untuk menyambungkan dari tabung mesin cuci dengan water level. Artinya, mesin cuci akan error 1E apabila selang ini terjepit. Terjepit itu bisa dipastikan selang tersebut kisaran sudut 30 - 45 derajat.

5. Water Level Sudah Rusak

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Samsung Error 1E

Karena pentingnya komponen water level pada mesin cuci samsung, maka ketika water level sudah rusak. Akibatnya, tidak bisa mendeteksi supplai air secara maksimal. Tidak ada cara lain, Anda harus menggati water level atau sensor air dengan yang baru. 

Harganya tidak terlalu mahal, yakni sekitar 50 ribu di marketplace. Pastikan, Anda membeli water level merek samsung karena apabila dipasangkan dengan water level yang berbeda merek. Maka, mesin cuci samsung Anda tidak bisa bekerja secara normal.

Langkah terakhir ini harus Anda lakukan jika cara di atas tidak berhasil mengatasi error 1E pada mesin cuci samsung. Kebanyakan memang langsung harus mengganti water level-nya jika terjadi error 1E. Akan tetapi, kami mengantisipasi dengan cara yang murah terlebih dahulu. 

Nantinya, akan terasa percuma apabila Anda sudah membeli water level, tetapi yang menyebabkan error 1E ternyata pada kabel water level-nya. Maka dari itu, Anda periksa dahulu beberapa cara di atas. Jika tidak ada yang berhasil, maka sudah dipastikan water level-nya yang rusak.

Kesimpulan

Dari beberapa cara di atas, lebih baiknya Anda mencobanya terlebih dahulu satu per satu. Jika tidak berhasil, maka perlu mengganti water level dengan yang baru. 

Hal ini untuk menghindari apabila memang bukan water level-nya yang rusak, melainkan komponen lain seperti kabel water level, selang terjepit, socket sudah berkarat. Jika perihal tersebut bukan penyebab error 1E, maka Anda perlu mengganti water level dengan yang baru.


Akhir Kata

Itulah tadi penyebab dan cara memperbaiki mesin cuci samsung error 1E secara lengkap. Dengan adanya artikel ini, Anda tidak perlu membawa mesin cuci samsung ke service center atau memanggil jasa servis yang tentunya mengeluarkan uang banyak. 

Dalam pembuatan artikel ini, kami merujuk dari berbagai referensi yang cukup terpercaya agar dapat menghindari adanya kesalahan dalam memberikan panduan cara memperbaiki mesin cuci samsung error 1E. 

Jika Anda mengalami kegagalan dalam mencoba cara yang kami sampaikan, silakan tuliskan di kolom komentar atau langsung menghubungi kami melalui fitur contact us yang sudah tersedia.

Dengan berjalannya waktu, apabila artikel ini memerlukan untuk diupdate. Maka, kami akan segera mungkin untuk memperbaruinya. Terima kasih telah membaca, semoga dapat membantu kalian yang membutuhkan informasi ini.

Posting Komentar untuk "5+ Penyebab dan Cara Memperbaiki Mesin Cuci Samsung Error 1E"