Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Penjelasan Arti dan Fungsi Tombol di Mesin Cuci, Lengkap!

Tombol-tombol di mesin cuci sangatlah banyak dan mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Bahkan, terdapat kombinasi tombol yang dapat mengaktifkan fitur tertentu. Dengan begitu, pengguna mesin cuci banyak yang belum mengerti mengenai kegunaan tombol yang terdapat di mesin cuci.

Tidak bergantung entah itu merek Samsung, LG, Aqua, Toshiba, dan lainnya. Hampir semuanya memiliki fungsi tombol yang sama. Hanya saja terdapat tombol yang tidak terdapat di mesin cuci satu dengan yang lainnya. Maka dari itu, kami akan memberikan penjelasan secara lengkapnya.

Penjelasan arti dan fungsi tombol di mesin cuci memang perlu diketahui untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan mesin cucinya. Apalagi pengguna yang masih awam dengan mesin cuci, perlu mengerti secara menyeluruh agar tidak melakukan kesalahan dalam menggunakannya.

Maka dari itu, kami sudah merangkum beberapa tombol-tombol yang terdapat di mesin cuci beserta dengan fungsinya. 

Penjelasan Arti dan Fungsi Tombol di Mesin Cuci

Penjelasan Arti dan Fungsi Tombol di Mesin Cuci

Pengertian dari tombol-tombol serta fungsinya harus dipahami oleh pengguna mesin cuci. Bahkan, Anda yang sudah mengerti pun perlu mengetahui secara lengkap kegunaan dari tombol-tombol mesin cuci agar tidak melakukan kesalahan dalam mengoperasikan.

Disini kami akan memberikan kegunaan fungsi tombol-tombol dari mesin cuci dengan penjelasan yang cukup mudah dipahami.

Tombol Power dan Start / Pause

Penjelasan Arti dan Fungsi Tombol di Mesin Cuci

Mungkin pertama, tombol power digunakan untuk mengaktifkan mesin cuci ketika sudah diberika arus atau ditancapkan ke stop kontak.

Sedangkan, tombol start / pause yang artinya memulai atau berhenti. Berfungsi untuk memulai mesin cuci ketika pengguna sudah menentukan program yang digunakan.

Kegunaan Tombol Spin, Rinse, dan Wash

Ketiga tombol ini, yaitu spin, rinse, dan wash merupakan program untuk mencuci. Dimulai dari wash yang artinya mencuci, spin artinya mengeringkan, dan rinse yang berarti membilas. Ketiga program ini biasanya digunakan sekaligus bersamaan. 

Namun, bisa juga tanpa harus menggunakan spin, maka hanya menggunakan mencuci dan membilas saja. Nantinya, mengeringkan pakaian dapat menggunakan sinar matahari. Fitur spin mungkin dianggap pengguna memerlukan listrik tambahan.

Terdapat kombinasi yang dapat dilakukan dari tombol Spin + Rinse. yaitu mengaktifkan fitur child lock. Lebih lengkapnya, kunjungi saja artikel ini. 


Tombol Water Level Mesin Cuci

Artinya, level air yang digunakan untuk mencuci pakaian yang akan dicuci. Istilahnya sebagai pendeteksi atau sensor volume air yang masuk ke dalam tabung. 

Maka dari itu, sesuaikan pengaturan water level atau level air yang digunakan dengan jumlah pakaian yang akan dicuci. Biasanya, pengguna satu dengan yang lainnya berbeda dalam menggunakan level air untuk mencuci.

Penjelasan Arti dan Fungsi Tombol di Mesin Cuci

Fungsi Tombol Eco Tub Clean

Sama halnya dengan namanya, yaitu eco tub clean. Tombol ini berguna untuk mencuci tabung mesin cuci agar tidak lagi kotor. Mungkin tidak semuanya memiliki fitur eco tub clean, tetapi pada mesin cuci yang memiliki dapat menggunakannya ketika tabung sudah digunakan berkali-kali dan perlu dicuci.

jadi, kapan Anda harus mencuci tabung dengan eco tub clean? Lebih baiknya, sesuaikan dengan penggunaan. Misalnya, sebulan sudah menggunakan berulang kali, maka baiknya segera cuci tabung mesin cuci Anda.

Sebenarnya, pada panel display mesin cuci akan muncul perintah untuk mencuci tabung. Anda bisa saja menunggu perintah ini muncul dan melakukan pencucian tabung.

Tombol Jeans, Blanket, Delicate

Ketiga tombol tersebut sudah populer bagi pengguna mesin cuci samsung. Mulai dari jeans merupakan fitur yang dapat digunakan untuk mencuci khusus pakaian jeans. Lalu, blanket untuk mencuci selimut dan terkahir terdapat delicate berfungsi untuk mencuci pakaian yang berbahan halus.

Dari tombol-tombol tersebut, Anda dapat menggunakannya sesuai dengan jenis pakaian yang akan dicuci. Karena dengan adanya bantuan fitur tersebut, sistem dari mesin cuci akan berbeda-beda ketika sedang mencuci pakaian jeans dengan blanket ataupun delicate.

Arti Fuzzy dan Quick Wash

Kedua tombol tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Pada tombol fuzzy, maka mesin cuci akan membuat putaran mesin yang biasa saja atau istilahnya fitur fuzzy ini merupakan pencucian normal dari mesin cuci.

Sedangkan, pada quick wash pencuciannya lebih cepat dibandingkan dengan fuzzy. Karena quick wash mengurangi jumlah putaran mesin cuci. Dengan inilah mengapa ketika Anda menggunakan quick wash harus dalam air sedikit dan sabun deterjen sedikit.

Terdapat kelebihan dan kekurangan dari kedua tombol tersebut. Mungkin lain waktu, kami akan memberikan ulasan kelebihan dan kekurangan dari fuzzy dan quick wahs mesin cuci.

Kesimpulan

Alangkah lebih baiknya, Anda memiliki buku panduan yang sesuai dengan jenis mesin cuci yang dimiliki. Sebab, dalam buku panduan tersebut sudah dijelaskan secara lengkap mengenai penjelasan arti dan fungsi tombol di mesin cuci.

Hampir semua mesin cuci memiliki buku panduannya masing-masing. Bahkan, biasanya ketika membeli produk tersebut maka akan mendapatkan buku panduannya sekaligus. Jikalau belum memilikinya, Anda bisa mendapatkan buku panduan di situs kami.


Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan arti dan fungsi tombol di mesin cuci secara lengkap. Dengan adanya informasi di atas, tentunya membuat Anda lebih mengerti cara menggunakan atau mengoperasikan mesin cuci serta tidak kebingungan mengenai kegunaan tombol-tombol yang tersedia.

Dalam pembuatan artikel ini, kami mengumpulkan dari beberapa sumber referensi yang terpercaya. Sehingga, dapat meminimalisasi adanya kesalahan dalam penulisan atau penjelasan. 

Namun, tidak menutup kemungkinan, apabila masih terdapat kesalahan silakan tulis di kolom komentar atau bisa lewat contact us. Dengan berjalannya waktu, kami akan mengupdate artikel ini agar bisa lengkap lagi. Sekian, terima kasih telah membaca artikel kami.

Posting Komentar untuk "Penjelasan Arti dan Fungsi Tombol di Mesin Cuci, Lengkap!"