Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5+ Kelebihan Dan Kekurangan Mencuci Menggunakan Mesin Cuci

Mencuci termasuk pekerjaan rumah tangga yang cukup banyak menyita waktu. Dahulu, masih banyak yang mencuci manual dengan tangan. Tetapi, seiring perkembangan zaman maka munculah teknologi baru, yaitu mesin cuci.

Mesin cuci memang dapat meringankan beban cucian yang menumpuk. Banyak ibu rumah tangga yang menginginkan memiliki alat elektronik ini. Mungkin banyak yang beranggapan bahwa mesin cuci dapat lebih sempurna dan bersih dibandingkan manual tangan. Apakah benar seperti itu?

Maka, kelebihan dan kekurangan mencuci menggunakan mesin cuci perlu Anda ketahui. Tujuannya, agar lebih mengerti apakah mesin cuci lebih efektif daripada mencuci tradisional manual tangan.

Lebih lengkapnya, kami sampaikan kelebihan dan kekurangan mencuci dengan menggunakan mesin cuci secara lengkap.

Kelebihan dan Kekurangan Mencuci Menggunakan Mesin Cuci

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Mencuci Menggunakan Mesin Cuci

Terdapat kelebihan dan kekurangan mencuci dengan menggunakan mesin cuci. Salah satunya, yaitu mudahnya dalam mencuci dan menghemat tenaga. Namun, kebanyakan harga dari mesin cuci juga cukup mahal dan tentunya membutuhkan daya listrik yang besar.

Lantas, lebih baiknya menggunakan mesin cuci atau manual tangan saja? Pertanyaan ini dapat Anda simpulkan setelah membaca kelebihan dan kekurangan mencuci dengan mesin cuci secara lengkap di bawah ini.

Kelebihan Mencuci Menggunakan Mesin Cuci

Mencuci dengan mesin cuci memiliki kelebihan yang Anda dapatkan. Inilah alasannya mengapa mencuci menggunakan mesin cuci lebih menguntungkan :
  • Menghemat waktu karena durasi pencucian menggunakan mesin cuci lebih cepat
  • Tidak perlu menunggu lama dalam menjemur pakaian karena mesin cuci sudah mengeringkannya dan hanya tersisa sedikit air di pakaian
  • Tidak menggunakan tenaga yang banyak berbeda dengan manual tangan
  • Lebih praktis karena tidak perlu merendam pakaian dengan air, memasukkan pakaian, membilas, memeras, dan membersihkan pakaiannya
  • Dapat mencuci pakaian lebih banyak sesuai dengan kapasitas mesin cuci Anda
  • Memiliki banyak fitur yang tersedia di mesin cuci, seperti mencuci jeans, selimut, dan pakaian halus
  • Jika menggunakan mesin cuci 1 tabung maka dapat ditinggal setelah proses pencucian dimulai dan akan ada alarm apabila sudah selesai

Kekurangan Mencuci Menggunakan Mesin Cuci

Tidak adil rasanya apabila kami hanya menjelaskan kelebihannya saja. Maka dari itu, kekurangan mencuci menggunakan mesin cuci perlu Anda pertimbangkan. Diantaranya, Anda dapat membacanya secara cermat :
  • Menggunakan daya listrik yang cukup besar, sehingga meningkatkan tagihan listrik Anda
  • Boros air karena mesin cuci lebih banyak menggunakan air daripada dengan manual tangan
  • Deterjen bubuk yang digunakan mesin cuci lebih mahal dibandingkan deterjen batangan
  • Banyak pengguna yang menyatakan bahwa pakaian lebih cepat rusak ketika dicuci dengan mesin cuci, tetapi ada juga yang sebaliknya
  • Kualitas cuciannya tidak sebersih mencuci dengan tangan
  • Terakhir, harga mesin cuci relatif cukup mahal

Jenis - Jenis Mesin Cuci

Berdasarkan jenis dan fungsinya, mesin cuci dibagi menjadi tiga, yaitu
  • Mesin cuci 1 tabung bukaan atas (Top Loading)
  • Mesin cuci 1 tabung bukaan depan (Front Loading)
  • Mesin cuci 2 tabung
Dari ketiga jenis mesin cuci tersebut memiliki kelebihan dan kekurang yang berbeda-beda. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut dapat membaca artikel kami.


Baiknya, Anda perlu mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum membeli mesin cuci. Apakah menguntungkan atau malahan merugikan. Cermati kelebihan dan kekurangannya yang sudah kami paparkan di atas tadi.

Akhir Kata

Itulah tadi kelebihan dan kekurangan mencuci menggunakan mesin cuci. Dengan adanya artikel ini, dapat membantu Anda untuk beralih menggunakan mesin cuci atau tetap ingin mencuci dengan manual tangan.

Dari pembuatan artikel ini, kami mengumpulkan beberapa informasi yang cukup terpercaya, sehingga dapat meminimalisir adanya kesalahan dalam penjelasan kelebihan dan kekurangan menggunakan mesin cuci.

Namun, tidak menutup kemungkinan apabila terdapat kesalahan dalam penulisan dan perbedaan pendapat, silakan tuliskan di kolom komentar atau langsung mengirimkannya ke surel kami melalui contact us.

Apabila perlu penambahan penjelasan, secepatnya kami akan memperbaruinya. Terima kasih telah mengunjungi blog kami.

Posting Komentar untuk "5+ Kelebihan Dan Kekurangan Mencuci Menggunakan Mesin Cuci"