Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Penyebab dan Cara Mengatasi Pembuangan Air Mesin Cuci Mampet

Pengguna mesin cuci banyak yang mengeluh mengenai saluran pembuangan airnya yang mampet atau tidak keluar. Memang tidak dipungkiri, pembuangan air mesin cuci yang mampet sering kali dialami oleh pengguna mesin cuci yang perawatannya kurang baik atau kurang berhati-hati dalam pengguaan.

Mesin cuci memerlukan perawatan secara maksimal, khususnya bagian saluran pembuangan air sehingga tidak akan mengalami kendala, seperti pembuangan air pada mesin cuci yang mampet atau tidak keluar. Selain itu, pastikan berhati-hati pula dalam melakukan pencucian.

Cara mengatasi pembuangan air mesin cuci mampet dapat diatasi dengan mencari penyebabnya dahulu. Banyak penyebab yang membuat pembuangan air mesin cuci bisa jadi mampet, seperti rusaknya saluran pembuangan, adanya koin pada roda pemutar dan lainnya.

Akan tetapi, ada hal yang harus diperhatikan, yaitu menutup mesin cuci dengan rapat karena apabila tidak tertutup, maka saluran pembuangan air pada mesin cuci akan mampet karena mesin cuci tidak berjalan. 

Untuk mengetahui mengenai penyebab dan cara mengatasi pembuangan air mesin cuci mampet atau tidak keluar secara lengkapnya, Anda bisa membaca di bawah ini.


Penyebab dan Cara Mengatasi Pembuangan Air Mesin Cuci Mampet

Penyebab Pembuangan Air Mesin Cuci Mampet atau Tidak Keluar

Terdapat beberapa penyebab mengapa pembuangan air mesin cuci tidak keluar atau mampet. Mungkin dari yang kami paparkan ini, Anda bisa mengetahui apa penyebabnya. Dengan mengetahui akar persamalahannya, maka akan lebih mudah dalam mengatasinya.

1. Rusaknya Saringan Kotoran Mesin Cuci 

Pastinya, Anda sudah mengerti mengenai keguanaan saringan kotoran pada mesin cuci. Fungsinya untuk menyaring apabila terdapat kotoran ketika proses pencucian. Maka, kotoran yang terdapat di dalam pakaian yang dicuci akan disaring dengan saringan kotoran tersebut.

Akan tetapi, pengguna mesin cuci sering kali mengabaikan mengenai saringan kotoran. Bahkan tidak pernah untuk membersihkannya, sehingga tentunya kotoran menumpuk dan dapat menyebabkan air mampet atau tidak keluar.

Mungkin terlihat cukup sepele, tetapi ternyata bisa menjadi penyebab mengapa pembuangan air mesin cuci mampet ataupun tidak keluar. Maka dari itu, perlu dilakukan pengecekan apakah kotornya saringan mesin cuci menjadi penyebab pembuangan air yang mampet atau tidak.

2. Adanya Benda yang Menyumbat Saluran Pembuangan Air Mesin Cuci

Apabila saluran pembuangan air mesin cuci tersumbat dengan benda, seperti uang logam atau koin, kancing baju, ataupun benda lainnya yang dapat menyumbat saluran pembuangan maka perlu untuk diambil.

Inilah mengapa perlu berhati-hati menggunakan mesin cuci ketika ingin melakukan pencucian. Sebab, benda-benda yang terdapat di pakaian yang akan dicuci harus disingkirkan terlebih dahulu untuk menghindari penyumbatan saluran pembuangan air mesin cuci.

Terdapat cara untuk mengambil atau membersihkan benda yang menyumbat pada saluran pembuangan air mesin cuci. Lebih lengkapnya, Anda dapat membaca di bawah.

3. Menumpuknya Kotoran pada Klep atau Katup

Klep atau katup pada mesin cuci berfungsi sebagai pengurasan / drain. Apabila terdapat kotoran yang menumpuk pada klep atau katup, sudah semestinya pengurasan tidak berjalan secara maksimal dan menyebabkan pembuangan air mesin cuci mampet tidak keluar.

Ketika ingin membuang air yang terdapat di dalam mesin cuci, maka klep akan tertarik ke atas.  Sehingga, klep atau katup dapat dikatakan komponen yang cukup penting dalam pembuangan air mesin cuci.

Maka dari itu, sebaiknya Anda sesering kali membersihkan klep ini agar menghindari adanya kotoran yang menumpuk sehingga kecil kemungkinan akan terjadi mampet ketika sedang membuang air di mesin cuci. Mengenai cara untuk membersihkannya, dapat membaca di bawah ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Pembuangan Air Mesin Cuci Mampet

Cara Mengatasi Pembuangan Air Mesin Cuci Mampet atau Tidak Keluar

Dengan mengetahui terlebih dahulu penyebab yang menyebabkan pembuangan air mesin cuci tidak keluar atau mampet, maka Anda bisa mengatasinya sesuai dengan penyebabnya. Di bawah ini sudah kami jelaskan secara lengkap cara untuk mengatasinya sesuai dengan penyebab di atas.

1. Mengatasi Saringan Kotoran Mesin Cuci Rusak

Mengetahui bahwa saringan kotoran ternyata bisa menjadi penyebabnya, maka perlu dilakukan cara untuk mengatasi saringan kotoran ini agar dapat digunakan lagi. Untuk mengatasinya, Anda dapat membersihkannya agar tidak mampet lagi. Berikut urutan langkahnya

  • Pastikan kabel listrik sudah dilepas
  • Habiskan terlebih dahulu air yang ada supaya nantinya tidak ada air yang menetes keluar
  • Buka tutup saringan menggunakan kunci
  • Cuci kotoran atau benda lain yang terdapat di dalam saringan kotoran
  • Pasang kembali tutup saringannya
  • Apabila tidak dipasang saringan kotoran, maka akan menyebabkan kebocoran air

Menurut informasi yang diperoleh, alangkah baiknya perlu dilakukan 5 atau 6 kali dalam setahun untuk membersihkan saringan kotoran pada mesin cuci. 

2. Mengatasi Adanya Benda yang Menyumbat Saluran Pembuangan Air Mesin Cuci

Jika memang mesin cuci Anda mampet dan disebabkan karena adanya benda yang menyumbat saluran pembuangan air pada mesin cuci. Maka, perlu melakukan pengambilan benda tersebut agar pembuangan air tidak mampet lagi. Anda dapat mengikuti cara berikut ini untuk mengatasi benda yang menyumbat saluran pembuangan air mesin cuci.

  • Bukalah pulsator mengunakan obeng
  • Angkat pulsator dengan menggunakan kabel usb yang dililitkan setiap ujung pulsator
  • Lalu, bersihkan benda-benda yang menyumbat saluran pembuangan
  • Apabila sudah selesai, pasang kembali pulsator dan baut dengan obeng

3. Cara Mengatasi Menumpuknya Kotoran pada Klep atau Katup

Kotoran yang terdapat di klep atau katup dapat menghambat saluran pembuangan air pada mesin cuci. Apabila hal ini menjadi penyebab mengapa mesin cuci Anda mengalami mampet atau saluran pembuangan airnya tidak keluar. Maka, dapat mencoba cara yang kami berikan ini untuk membersihkannya.

  • Membuka body belakang mesin cuci
  • Lepaskan talinya tepatnya pada bagian saluran pembuangan air
  • Pisahkan per dan karet klep
  • Bersihkan karet atau klep dari kotoran yang menempel
  • Pasang kembali tali klep, per, dan penutupnya
  • Tutup lagi body belakang mesin cuci dengan rapat

Dengan adanya artikel ini, Anda akan mengetahui penyebab dan cara mengatasi pembuangan air mesin cuci mampet atau tidak keluar. Sebenarnya, kendala-kendala seperti ini sudah semestinya terdapat di dalam buku panduan.

Maka dari itu, alangkah lebih baiknya Anda memiliki buku panduan sesuai dengan jenis mesin cuci. yang dimiliki. Dengan begitu, terasa lebih mudah apabila terdapat kendala yang tiba-tiba terjadi.

Akhir Kata

Itulah tadi penyebab dan cara mengatasi pembuangan air mesin cuci mampet atau tidak keluar. Dengan adanya artikel ini, Anda tidap perlu lagi untuk memanggil jasa service mesin cuci.

Dalam pembuatan artikel, kami mengambil beberapa referensi yang cukup terpercaya. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kesalahan yang tidak diinginkan dalam penulisan atau penjelasan tentang cara atau penyabab mengatasi pembuangan air mesin cuci yang mampet.

Namun, tidak menutup kemungkinan masih terdapat kesalahan di dalam artikel ini. Maka dari itu, apabila Anda menemukan kesalahan, seperti penulisan kurang tepat / typo, penjelasan salah, dan lainnya. Silakan tulikan di kolom komentar atau langsung mengirimkan ke surel kami di contact us.

Dengan berjalannya waktu, apabila artikel ini memang perlu di update. Maka, kami akan memperbaharuinya dengan versi yang terbaru, sehingga informasi yang terdapat di artikel ini terasa lebih update.

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Pembuangan Air Mesin Cuci Mampet"