Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

11+ Cara Merawat Mesin Cuci Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Mesin cuci memang memerlukan perawatan yang baik agar lebih awet dan tidak mudah rusak. Baik mesin cuci top loading maupun front loading harus tetap dirawat secara rutin untuk menghindari adanya kerusakan pada mesin cuci.

Mengetahui bahwa mesin cuci memiliki peranan yang cukup penting dalam meringankan beban cucian pakaian. Pastinya, banyak dari pengguna menginginkan mesin cucinya bisa tahan lama.

Terdapat beberapa cara merawat mesin cuci agar tetap awet dan tidak mudah rusak, misalnya tidak melebihi kapasitas ketika mencuci, menggunakan sabun deterjen yang berkualitas, membersihkan kerak secara teratur, dan masih banyak lainnya.

Dengan merawat mesin cuci secara berkala, maka kecil kemungkinan terjadi adanya kerusakan. Di artikel ini, kami akan memaparkan cara merawat mesin cuci dengan benar agar awet dan tidak mudah rusak.

11+ Cara Merawat Mesin Cuci Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat Mesin Cuci Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

1. Bersihkan Mesin Cuci Secara Berkala

Membersihkan mesin cuci secara berkala termasuk salah satu tips utama untuk menjaga mesin cuci supaya awet. Banyak yang beranggapan bahwa mesin cuci secara otomatis sudah membersihkannya sendiri. Karena selalu dialiri air sehingga tidak mungkin adanya kotoran.

Hal tersebut tidak benar, sebab deterjen, bakteri, dan lain-lain sudah semestinya menumpuk dan merusak mesin cuci Anda. Terdapat cara untuk membersihkannya, yaitu menjalankan mesin cuci tanpa pakaian tetapi menggunakan soda kue ataupun cuka putih.

Bagusnya lagi, apabila mesin cuci Anda sudah memiliki fitur tub clean maka dapat menggunakannya setiap sekali dalam sebulan. Fitur ini berguna untuk membersihkan mesin cuci dan menghilangkan sisa sabun dan penumpukan.

2. Jangan Melebihi Kapasitas Cucian Pada Mesin Cuci

Melebihi kapasitas cucian ketika mencuci sering kali dilakukan oleh pengguna mesin cuci. Padahal, hal tersebut menyebabkan pakaian yang dicuci tidak bersih karena kurang maksimal dalam pencuciannya.

Kapasitas cucian yang melebihi pada mesin cuci dapat mempersingkat masa pakainya karena keausan yang lebih besar pada bagian mekanisnya. Maka dari itu, sebaiknya hindari hal tersebut untuk menjaga keawetan mesin cuci Anda.

3. Rutin Memeriksa Selang Air

Selang air berfungsi untuk mentransfer air dingin ataupun panas dari sumber air mesin cucinya. Maka dari itu, ketika terdapat kendala seperti penyumbatan atau kebocoran. Mesin cuci Anda tidak akan menerima air dan mungkin akan akan banjir.

Alangkah lebih baiknya, Anda selalu memeriksanya secara rutin untuk mencegah masalah tersebut. Pemeriksaan bisa dilakukan setiap bulan, seperti memeriksa apakah ada retak, pecah ataupun bocor.


4. Gunakan Sabun Deterjen yang Berkualitas

Deterjen termasuk komponen yang cukup penting dalam mencuci menggunakan mesin cuci. Tidak semua deterjen cocok untuk mesin cuci Anda, maka pastikan pilih deterjen yang tepat dengan mesin cuci Anda.

Bukan hanya deterjen yang berkualitas, tetapi takar jumlah deterjen dengan tepat. Terlalu banyak deterjen yang digunakan akan menyebabkan residu yang tertinggal sehingga mesin cuci Anda mudah mengalami kerusakan.

5. Buka Mesin Cuci Setelah Digunakan Mencuci

Setelah mencuci pakaian, buka mesin cuci sekitar 20 menit hingga 30 menit agar cepat kering. Ditujukan untuk menghindari adanya pertumbuhan jamur yang disebabkan oleh kelembapan dari pakaian basah dan aliran air. 

Bagusnya, bersihkan dengan handuk agar keringnya maksimal. Mungkin hal ini cukup sepele, tetapi adanya jamur yang tumbuh di mesin cuci juga membuat pakaian Anda kotor ketika dicuci mesin cuci.

6. Jangan Menempel di Dinding

Meletakkan mesin cuci sebaiknya jangan sampai menempel di dinding. Sebab, posisi tersebut dapat menyebabkan selang tertekuk dan mempengaruhi aliran air. Mungkin baiknya, letakkan mesin cuci yang berjarak 20 cm dari dinding.

Tidak harus segitu, tetapi asalkan tidak menempel dengan dinding. Anda bisa mencoba tips ini agar mesin cuci tetap awet dan tidak mudah rusak.

7. Periksa Pakaian Sebelum Dicuci

Sebaiknya sebelum mencuci, periksa terlebih dahulu kantong pakaian sudah kosong. Jika terdapat benda-benda kecil, seperti koin, gantungan kunci ataupun pengikat rambut. Maka, dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuangan air pada mesin cuci. 

Bahkan, dapat menyebabkan kebocoran air yang membuat mesin cuci Anda cepat rusak. Oleh sebab itu, pastikan untuk memeriksa pakaian terlebih dahulu untuk menghindari adanya kerusakan-kerusakan yang tidak diinginkan.

8. Memiliki Buku Panduan Mesin Cuci

Buku panduan mesin cuci dapat membantu Anda memudahkan cara untuk memelihara mesin cuci dengan benar, sehingga bisa mengatasi kendala yang terjadi.

Di dalam buku panduan, sudah tersedia tips merawat mesin cuci agar tetap awet. Seperti, contohnya artikel buku panduan yang pernah kami buat.


9. Cabut Colokan Mesin Cuci Jika Tidak Digunakan

Mesin cuci yang tidak digunakan seharusnya tidak dicolokkan ke aliran listrik. Bukan hanya mesin cuci, tetapi semua alat elektronik yang tidak digunakan sebaiknya tidak dialiri arus listrik.

Apabila mesin cuci tetap dicolokkan ke arus listrik, maka akan mudah mengalami kerusakan. Selain itu, menyebabkan borosnya konsumsi pengguanaan listrik.

10. Mengeringkan Control Panel Apabila Terkena Air

Control panel sering kali terkena air apabila pengguna tidak berhati-hati dalam mencuci. Padahal, control panel mudah terjadi error jika terkena air. Maka dari itu, Anda harus mengeringkan control panel apabila tidak sengaja terkena air. 

Ini termasuk salah satu cara merawat mesin cuci agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Jika control panel mesin cuci Anda basah, segera keringkan dengan lap atau kain kering.

11. Tempatkan Mesin Cuci Dalam Keadaan Lantai Rata

Menempatkan mesin cuci memang tidak terlalu diperhatikan oleh kebanyakan orang. Namun, ternyata hal ini cukup penting untuk menjaga mesin cuci agar tetap awet. Penempatan di lantai yang tidak rata akan menyebabkan getaran keras pada mesin cuci.

Dengan adanya getaran tersebut, tentunya akan menyebabkan kerusakan pada mesin cuci terutama pada komponen-komponennya. Anda bisa membaca lebih lengkapnya di artikel yang kami berikan di bawah ini.


Akhir Kata

Itulah tadi cara merawat mesin cuci agar awet dan tidak mudah rusak. Apakah anda tertarik untuk mencoba tips-nya?

Dalam pembuatan artikel ini, kami mengambil beberapa referensi yang cukup terpercaya, sehingga dapat meminimalisasi adanya kesalahan mengenai penjelasan di atas.

Dengan berjalannya waktu, apabila artikel ini memerlukan untuk diupdate. Maka, kami akan segera mungkin untuk memperbaruinya. Terima kasih telah membaca, semoga dapat membantu kalian yang membutuhkan informasi ini.

Posting Komentar untuk "11+ Cara Merawat Mesin Cuci Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak"